Rabu, 15 Februari 2012

klasifikasi ikan mas

Klasifikasi Ilmiah
Phylum         : Chordata
Sub-phylum  : Vertebrata
Classis          : Osteichthyes
Sub-classis   : Teleostemi
Ordo            : Teleostei
Sub-ordo      : Physestomi
Familia          : Cyprinidae
Genus           : Cyprinus
Species         : Cyprinus carpio
Varietas         : Flavipinnae

                 MORFOLOGI Morfologi atau bentuk luar ikan pada umumnya dibagi menjadi 3 kelompok yaitu (a) bagian kepala (caput), 
(b) bagian badan (truncus) dan 
(c) bagian ekor (cauda). 
                 Pada bagian kepala pelajarilah organ-organ di daerah rongga mulut (cavum oris), organon visus (mata) beserta bagian-bagiannya seperti cornea, sclera, iris dan lain-lainnya, cekung hidung (fovea nasalis) dan tutup insang (apparatus operculare) beserta bagian-bagiannya (operculum, membrana branchiostegalis, radii branchiostegii, dan branchiae. Pada bagian truncus (badan) terdapat sisik (squama) dengan tipe-tipe ctenoid, cycloid, ganoid dan sebagainya. Selain itu terdapat sirip (pinnae), yang terdiri dari pinnae tunggal dan pinnae sepasang. Kemudian terdapat pula linea lateralis atau gurat sisi, yang membujur di sepanjang kedua sisi tubuh sampai ekor. 
                SITUS VISCERUM Organ-organ yang terlihat setelah dilakukannya sectio antara lain adalah : 
• Vesica natatoria (gelembung renang), ada 2 bagian anterior dan posterior, warna putih mengkilap, letaknya berdekatan dan sejajar dengan cavum vertebralis, berguna untuk timbul tenggelamnya ikan. Saluran untuk memasukkan dan mengeluarkan udara yang terentang dari oesophagus (batang tenggorok) ke vesica natatoria bagian posterior disebut ductus pneumaticus (pneumatocysticus). Pelajari bentuk, letak dan ada tidak ductus tersebut. 
• Mesonephros (ginjal – ren), terletak antara 2 bagian gelembung renang atau menempel vertebrae. Pronephros (ginjal – ren), di depan dari vesica natatoria. 
• Cor (jantung) terletak di bagian ventral, perhatikan bagian sinus venosus, atrium, ventrikel, bulbus arteriosus dan truncus arteriosus • Gonad, warna kuning atau putih. Pada yang betina berisi telur, pada yang jantan berisi sperma. Letak gonad biasanya di sebelah ventral dari pneumatocyst. • Intestinum (usus), tampak berbelit-belit. 
• Hepar (hati – liver), warna kemerahan. Vesica fellea (kantung empedu) berwarna hijau tua terletak di sebelah ventral dari lobus dekster hepar. 
                 SISTEM PERNAFASAN Definisi Pernafasan : pertukaran CO2 (sisa-sisa proses metabolisme tubuh yang harus dibuang) dengan O2 (berasal dari perairan, dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme dsb). Organ-organ pernafasan : - utama : insang, mengambil O2 dari perairan - organ tambahan : paru-paru, labirin, dsb; mengambil O2 dari udara;kulit dan kantung kuning telur pada embrio dan larva.Insang, bagian-bagiannya : Tulang lengkung insang, tulang tapis insang. Fungsi bagian- bagian Insang : 
1. Tulang lengkung insang sebagai tempat melakeatnya tulang tapis insang dandaun insang, mempunyai banyak saluran-saluran darah dan saluran syaraf 
2. Tulang tapis insang, berfungsi dalam sistem pencernaan untuk mencegah keluarnya organism makanan melalui celah insang 
3. Daun insang, berfungsi sebagai dalam sistem pernafasan dan pereda 
4. randarah, tempat terjadinya pertukaran gas O2 dengan CO2. Mekanisme pernafasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar